Perangkat Pintar yang Membuat Rumah Kamu Lebih Nyaman

Pada era digital sekarang ini, semua orang ingin hidup yang lebih praktis dan efisien. Karena itulah banyak pabrikan elektronik yang berlomba-lomba menciptakan kreasi konsep Smart Home untuk memenuhi tantangan gaya hidup tersebut.

Dengan peralatan smart home, pemilik rumah bisa memantau rumah dari jarak jauh melalui gawai yang terhubung dengan kamera di dalam rumah. Apa saja sih peralatan smart home yang bisa kamu pasang di rumah kamu? Ini daftarnya:

Dengan smart TV dapatkan sensasi yang berbeda dalam menonton TV (foto: Pexels)

1. Smart TV
TV adalah komponen elektronik yang penting berada di rumah. Setidaknya satu keluarga pasti memiliki satu televisi demi kebersamaan keluarga. Apalagi kalau TV yang kamu gunakan adalah smart TV, saat menonton televisi bisa semakin hangat dengan hadirnya fitur serta teknologi canggih.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan smart TV, mulai dari memutar film yang ada di smartphone secara wireless, mengendalikan TV lewat perintah suara atau motion control. Smart TV juga memiliki gambar jernih dan tajam dengan kualitas 4K demi kepuasan mata.

Beberapa smart TV yang bisa menjadi piihan adalah Samsung Smart TV, Sony XBR-X900E, atau Panasonic TX-65EZ1002 OLED TV.

Smart AC mampu mengatur suhu ruangan sehingga AC tak terus-menerus bekerja. (foto:Pexels)

2. Smart AC
Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, tentu kamu tahu kalau udara Kota Jakarta sudah sangat panas dan tidak mungkin dibantu dengan Air Conditioner (AC) yang mantap. Namun, beberapa keluarga khawatir dengan tagihan listrik yang membengkak.

Sekarang, kamu tidak perlu takut akan tagihan listrik yang membengkak, karena teknologi AC telah mengalami perkembangan dan pemakaian daya yang semakin hemat. Teknologi yang dimaksud adalah smart AC. Pendingin ruangan jenis ini mampu mengatur suhu ruangan sehingga AC tak terus-menerus bekerja.

Smart AC yang berteknologi sensor bisa mendeteksi keberadaan manusia di dalam ruangan. Hanya jika ada manusia di dalamnya AC akan bekerja. Sementara jika ruangan kosong, AC akan mengurangi aktivitasnya. Beberapa rekomendasi smart AC adalah LG Electronics LP1415WXRSM, Quirky Aros, atau Frigidaire Cool Connect.

Smart CCTV dapat langsung mendeteksi gerakan mencurigakan (foto: pexels)

3. Smart CCTV
Closed Circuit Television (CCTV) saat ini menjadi komponen penting di dalam rumah demi mencegah terjadi pencurian dan kriminalitas di rumah. Apalagi kalau kamu menggunakan smart CCTV, kamera ini bukan sekadar mengawasi atau memonitor.

Namun juga bisa langsung terhubung ke smartphone serta terkoneksi internet, gerakan-gerakan mencurigakan bisa langsung tersimpan ke cloud storage atau kartu microSD. Bahkan ketika ada hal mencurigakan smart CCTV bisa langsung memperingatkan pemilik rumah lewat alarm.

Merek smart CCTV yang bisa kamu pilih antara lain, Netatmo Presence, Netgear Arlo Q, atau Hikvision Ezviz Mini Plus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *