Belum Punya Rumah? Ini Suka Duka Tinggal di Rumah Mertua Indah

Rumah memang salah satu kebutuhan utama, sayangnya tidak semua pasangan muda beruntung dan dengan cepat memilikinya. Kalau tidak mengontrak untuk sementara waktu, banyak pasangan muda memilih tinggal di rumah orang tua.

Meski banyak sukanya termasuk bisa mengakali keuangan, namun tinggal di mertua ternyata juga memiliki banyak duka. Apa saja suka dan duka tinggal di rumah mertua? Berikut daftar:

Lebih hemat

Dengan tinggal di rumah mertua, berarti ada dana yang seharusnya untuk menyewa rumah bisa ditabung untuk uang muka membeli rumah. Namun, bukan berarti tidak membantu sama sekali yah! Bantulah orang tua dengan membayar listrik dan juga internet.

Pasukan untuk menjaga si kecil

Dengan tinggal di rumah mertua tentu akan ada personel tambahan dalam mengurus si kecil. Saat anak tengah aktifnya tentu ini akan sangat membantu dan mengurangi kelelahan.

Sayangnya, sering kali ada masalah yang timbul terkait pola asuh sehingga sering ada konflik dengan mertua. Konflik yang ditimbul dari masalah ini biasanya kecil namun sangat mendasar.

Kalau begini apa masih yakin mau tinggal di rumah mertua?

Punya waktu lebih banyak untuk membahagiakan orang tua

Berbakti kepada orang tua tentu menjadi harapan semua anak, dengan tinggal bersama mertua maka akan lebih mudah meringankan beban orangt tua. Selain itu, mertua juga tidak akan perlu kangen-kangen dengan cucunya dan hanya bisa bertemu seminggu atau sebulan sekali.

Selain itu, orang tua juga akan senang saat dekat dengan anak dan cucu serta terlibat saat dimintai nasehat dan pertimbangan dalam menghadapi suatu masalah.

Namun, tinggal dengan mertua juga akan sangat rentan konflik dan minim privasi bagi pasangan, terutama pasangan baru. Pasangan baru biasanya masih hangat-hangatnya dan lengket bagai perangko. Adapun kala menghadapi masalah sebagai pasangan baru, tentu akan jadi canggung dan orang tua akan penasaran bahkan ikut campur dengan masalah yang dihadapi.

Dengan ikut campurnya orang tua, tentu akan membuat pasangan jadi manja dan tidak berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri. Padahal, sangat penting untuk pasangan belajar menyelesaikan masalahnya sendiri.

Karena itu, coba pertimbangkan beberapa hal saat tinggal bersama orang tua.

Terbuka terhadap pasangan dan selesaikan masalah berdua

Ingatlah kalau status pernikahan dan usahkan selalu menyelesaikan masalah berdua dan tanpa melibatkan orang tua. Karena masih menumpang di rumah mertua, usahakan pula tidak membesar-besarkan masalah sehingga membuat orang tua menjadi khawatir.

Mulailah menabung untuk membeli rumah sendiri

Mulailah mencari rumah sendiri yang terjangkau oleh pasangan muda. Jangan ngoyo membeli rumah di pusat kota namun harganya selangit. Selain itu, jangan mentang-mentang tingga di rumah mertua sehingga bisa berfoya-foya dan lupa diri untuk memiliki rumah sendiri.

Kira-kira kapankah tabungan untuk rumah kamu terkumpul? Kalau kamu suka rumah tapak atau apartemen?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *