Agen, Ini Lho Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Klien!

Ilustrasi agen properti.

Menjaga hubungan baik dengan klien atau leads menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi seorang agen properti. Hal itu pun sangat didasari dengan bagaimana sistem komunikasi yang dibangun antara agen dan klien yang masuk ke dalam basis data atau database.

Jika komunikasi yang terbentuk antara agen dan klien baik, maka proses menjaga hubungan baik antara keduanya juga akan turut baik. Dari skala 1 hingga 10, ada baiknya seorang agen untuk terus berkomunikasi dengan para kliennya dalam skala 10. Namun, berdasarkan studi yang dibuat oleh The National Association of REALTORS, 91% agen properti justru tidak mampu untuk mencapai skala 10 tersebut.

Dari studi yang sama juga disebutkan bahwa hanya ada 72% pembeli yang akan menggunakan agen mereka kembali atau merekomendasikannya ke orang lain. Di sisi lain, hanya ada 9% agen properti di luar yang sana yang tetap menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan para kliennya.

Dengan demikian, masih banyak agen properti yang belum bisa menjaga hubungan baik dengan para leads-nya. Padahal, menurut Founder dan CEO UrbanAce Ronny Wuisan, seorang agen properti harus bisa tetap menjaga leads dalam genggamannya.

UrbanAce sebagai sebuah usaha rintisan di sektor properti dan teknologi memiliki sebuah program agar seorang agen seperti Anda tetap mampu menjaga hubungan baik dengan para klien atau leads-nya.

Program itu terangkum dalam sebuah pelatihan bertajuk “Closing in 48 Hours” atau “Closing dalam Waktu 48 Jam.” Proses closing dalam waktu singkat tersebut sangat dipengaruhi oleh bagaimana Anda mampu berkomunikasi dengan para leads.

Jika komunikasi yang terjadi dengan para leads tidak berjalan dengan baik, maka jangan harap Anda bisa mendapatkan penjualan atau melakukan closing. Menelepon leads menjadi cara paling sederhana untuk sekadar menjaga hubungan baik. Selain itu, tujuannya adalah agar para leads ini terus ingat dengan Anda atau ada di top of mind dari leads tersebut.

Selain telepon, cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk tetap berhubungan dengan leads adalah melalui email, direct mail, SMS, dan pesan WhatsApp. Sebelum menelepon, mengirim email, SMS, dan pesan WhatsApp, Anda sebaiknya mempersiapkan script atau naskah yang ingin disampaikan. Jangan sampai ketika sedang menelepon, Anda malah terbata-bata dan tidak bisa menyampaikan maksudnya secara jelas dan berujung pada ditutupnya telepon Anda.

Anda juga sebaiknya terus menghubungi leads dalam waktu berkala. Misalnya, seminggu 3 atau 4 kali menghubungi leads yang ada di dalam database Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan begitu saja dilupakan oleh leads dan Anda juga tetap bisa menjaga hubungan dengan para leads Anda.

Bersama dengan UrbanAce, Anda akan mendapatkan banyak pelatihan, seminar, teknologi, dan juga edukasi tentang bagaimana mengelola hubungan baik dengan leads. Ke depannya, Anda sebagai agen akan mampu menghasilkan penjualan untuk meningkatkan karier Anda di dalam bisnis properti.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *