Tips Agar Kantong Tidak Jebol dan Cicilan Terbayar Saat Ramadan

Entah apa penyebabnya, di Bulan Ramadan, pengeluaran justru terasa makin banyak. Padahal pengeluaran hanya untuk berbuka puasa dan sahur

Di sisi lain, cicilan tidak mungkin diganggu gugat, padahal tiket mudik harganya makin gila-gilaan. Mungkin itu semua yang kamu pikirkan, bagaimana bisa membayar cicilan rumah dan kantong tidak jebol.

Ternyata ada loh beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Ini daftarnya:

1. Utamakan cicilan dan kebutuhan utama
Besaran cicilan biasanya maksimal sebesar 30% dari gaji kamu, utama hal ini dahulu. Apalagi kalau cicilan yang harus kamu bayar adalah cicilan KPR rumah impian kamu, kamu tentu tidak mau selepas mudik tidak bisa pulang ke rumah akibat telat membayar cicilan bukan.

Selain itu, agar kamu bisa bertahan hingga akhir bulan, prioritaskan kebutuhan utama seperti kebutuhan dasar, seperti tagihan listrik, air, dan juga pulsa. Selain itu, belilah sembako, bahan makanan, serta kebutuhan lainnya, seperti sabun hingga kosmetik kalau itu adalah kebutuhan rutin kamu.

Kalau kebutuhan rutin kamu sudah terpenuhi semua setidaknya kamu masih bisa bertahan dengan persediaan yang ada. Ditambah lagi, jangan lupakan ongkos transportasi atau BBM kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi.

2. Estimasi Dana Buka Puasa Bersama
Ramadan juga biasanya menjadi ajang silaturahmi, undangan buka puasa bersama segunung, baik dengan teman, saudara atau kerabat. Sayangnya, dana yang dibutuhkan ternyata tidak sedikit. Oleh sebab itu, pastikan berapa banyak dana yang akan kamu sisihkan untuk momen ini.

Setelah kamu menghitung berapa banyak bukber yang akan kamu hadiri, kamu bisa mengetimasi berapa banyak dana yang harus kamu siapkan. Misal kamu akan menghadiri lima buka puasa bersama dengan setiap bukber dana yang bisa kamu keluarkan Rp100 ribu.

Maka setidaknya kamu harus menyiapkan dana hingga Rp500 ribu. Besar juga yah?

3. Zakat dan Beramal
Bulan Ramadan adalah bulan yang paling tepat untuk beramal saleh karena diganjar dengan pahala berlipat ganda. Kamu juga tentu tidak ingin melawatkan hal ini bukan? Seperti Zakat Fitrah karena wajib dan aturannya jelas tentu harus kamu persiapkan sedari awal. Namun, di luar itu, kamu juga bisa menghitung dan tidak memaksakan diri untuk beramal tanpa menyiksa diri kamu.

4. Dana Darurat
Jangan sepelekan dana darurat, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kamu selama Bulan Ramadan. Meski begitu, dana darurat tetap penting agar saat terjadi sesuatu yang buruk tidak perlu mengganggu pos pengeluaran lainnya.

Selain dana darurat, persiapkan pula diri kamu dengan menjaga kesehatan dan diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak perlu.

Nah, sekarang rencanakanlah agar dana kamu cukup hingga akhir bulan dan bisa khusyuk beribadah. Selamat menjalankan ibadah puasa!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *