3 Manfaat Membeli Rumah Sejak Usia Muda

Rumah atau apartemen kini menjadi salah satu kebutuhan bagi para kaum muda. Saat ini, membeli rumah sudah tak bisa lagi dilakukan pada usia-usia 30 atau 40-an.

Anak muda dengan rentang umur 20 tahun hingga 29 tahun sudah memiliki pemikiran untuk bisa memiliki tempat tinggal sendiri.

Membeli rumah pada usia muda merupakan sebuah hal yang bagus. Banyak keuntungan yang bisa diambil ketika kamu telah memiliki tempat tinggal sendiri sejak usia muda.

Berikut ini beberapa keuntungan membeli rumah sejak usia muda.

1.Membuat Kredit bagi Diri Sendiri

Jika kamu memiliki sebuah kartu kredit, maka seharusnya kamu tahu sejarah perkreditan yang pernah kamu lakukan akan sangat penting dalam hidupmu.

Membangun performa kredit yang baik sejak usia muda merupakan sebuah cara yang sangat baik untuk meningkatkan kredibiitasmu sebagai seorang kreditur di masa mendatang.

Pembayaran kredit perumahan secara reguler akan mampu meningkatkan penilaian kreditmu secara signifikan.

Manfaat memiliki riwayat kredit yang baik lainnya adalah kamu dapat menggunakannya saat berencana membeli rumah atau apartemen yang lebih besar ketika kelak ingin mulai berkeluarga.

2.Bentuk Investasi

Pasar perumahan merupakan satu hal yang tidak dapat diprediksi. Pergerakannya selalu seperti ombak yang naik turun tidak menentu.

Jika kamu kemudian sudah memutuskan untuk membeli rumah dalam usia relatif muda, maka hal tersebut akan menjadi sebuah investasi yang baik bagi diri kamu.

Dengan memiliki rumah, maka kamu memiliki sebuah properti yang bisa kapanpun kamu jual. Dengan demikian, jika kamu ingin misalnya memiliki rumah yang sedikit lebih besar, maka kamu bisa menjual rumah tersebut sebagai uang muka untuk pembelian rumah berikutnya.

Kemudian, jika dibandingkan dengan menyewa, membeli rumah akan sangat jauh menguntungkan untuk kamu. Menyewa rumah bukan merupakan sebuah investasi karena pada dasarnya kamu hanya membuang uang untuk sesuatu yang bukan milik kamu.

3.Lebih Besar Tanggung Jawab, Lebih Banyak Uang yang Bisa Disimpan

Dengan memutuskan membeli rumah, maka kamu secara tak langsung telah mengemban tanggung jawab yang besar.

Tenor dalam kredit rumah biasanya sangat panjang sehingga mau tak mau membuat dirimu harus berhemat dalam pengeluaran. Kamu akan sadar jika kini prioritas kamu adalah membayar cicilan rumah.

Namun, hal itu bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hidup, makan enak, atau pergi jalan-jalan. Kamu tetap bisa melakukan hal-hal tersebut, tetapi akan lebih bijak dalam mengeluarkan uang, apalagi untuk membeli barang-barang yang tidak penting.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *