Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kondotel

Sama halnya dengan investasi properti lainnya, berinvestasi pada properti jenis kondotel atau kondominium hotel memerlukan modal awal yang cukup besar. Kendati demikian, investasi properti jenis ini tetap diminati. Sebab, inventasi kondotel diyakini mampu memberikan keuntungan yang maksimal bagi investor.

Meskipun memerlukan modal yang cukup besar, bukan berarti investasi kondotel memiliki tingkat risiko yang kecil. Justru sebaliknya, investasi properti jenis ini tetap memiliki potensi risiko yang cukup besar, layaknya invetasi properti lainnya.

Namun, bukan berarti tingkat risiko tersebut tidak dapat diminimalisasi. Bagi kamu yang berencana melakukan investasi properti jenis kondotel, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut agar keuntungan yang kamu harapkan dapat diraih dengan maksimal.

Apa saja yang harus diperhatikan? Ini daftarya:

Pilih Lokasi yang Strategis

Ungkapan “posisi menentukan prestasi” barangkali sangat cocok diterapkan pada setiap jenis investasi properti, tidak terkecuali pada investasi kondotel. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah kondotel, ada baiknya kamu memperhatikan lokasi berdirinya kondotel.

Lokasi kondotel yang strategis tentu memliki peluang yang lebih besar untuk disewa pengguna. Akan semakin baik jika kondotel berada atau berdekatan dengan kawasan bisnis atau tempat wisata. Karena itu, pilihlah kondotel yang berada pada lokasi yang strategis demi meraup keuntungan yang maksimal.

Pelajari Skema Rental Guarantee

Memiliki kondotel tentu berbeda dengan memiliki apartemen, di mana pengelolaan tidak dilakukan sendiri. Memilih untuk berinvestasi pada properti jenis kondotel berarti kamu sudah siap untuk berbagi hasil atau profit dengan pihak pengelola kondotel.

Untuk itu, sebelum memutuskan membeli sebuah kondotel, cermati skema rental guarantee yang ditawarkan. Sebagai investor, kamu berhak untuk mengetahui detail mengenai hal ini. Garansi yang kamu dapatkan biasanya terbatas dalam beberapa tahun dan biasanya akan menyusut seiring berjalannya waktu.

Jika masa garansi telah terlampaui, kamu akan mendapatkan skema bagi hasil atau profit sharing yang didasarkan pada besaran okupansi hotel. Perhitungan dengan rasio tertentu pun akan diberlakukan oleh pihak pengelola kondotel kepada para investornya. Karena itu, tanya dan bahas secara detail mengenai kesepakatan ini dengan pihak pengelola kondotel agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Perhatikan Kesempatan Menginap di Kondotel

Sebagai pemilik unit kondotel, kamu memiliki hak untuk menginap dan menikmati fasilitas kondotel secara gratis. Kendati demikian, bukan berarti kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sesuka hati. Biasanya, hak untuk menikmati hal tersebut bisa berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Sebagai investor, biasanya kamu diberikan kesempatan untuk menginap secara gratis di kondotel selama 16-30 hari setiap tahunnya. Namun, seperti halnya penyewa, kamu tetap harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Dan yang perlu diingat, kamu belum tentu dapat menginap di unit yang kamu miliki, kecuali memang kebetulan unit tersebut sedang kosong.

Beli Kondotel Sebelum Bangunan Dibangun

Jika kamu ingin membeli kondotel dengan harga yang lebih murah, barangkali kondotel dengan bangunan yang belum dibangun bisa menjadi pilihan yang tepat. Kenapa demikian? Karena pada situasi ini dianggap turut ambil bagian dalam membiayai dibangunnya konstruksi kondotel.

Sayangnya, pola investasi semacam ini sangat rentan akan risiko bagi investor. Namun, risiko tersebut bisa juga diminimalisasi dengan mengecek rekam jejak pengembang yang membangun kondotel. Pastikan bahwa developer tersebut tepercaya dan dapat menyelesaikan bangunan tepat waktu sebagaimana yang telah dijanjikan.

Nah apakah kamu sudah yakin mau berinvestasi di sektor kondotel?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *