Pilih Pengembang dengan Ciri Ini agar Kamu Tidak Tertipu

Sebanyak 99% milenial menemukan properti idaman mereka secara online, di internet melalui website, di Facebook, di YouTube, dan di Instagram. foto: pexels

Sebanyak 99% milenial menemukan properti idaman mereka secara online, di internet melalui website, di Facebook, di YouTube, dan di Instagram. Namun, semakin mudahnya mencari properti, ternyata makin bertumbuh pula kejatahan terhadap properti.

Pengurus Harian YLKI Sularsih menyatakan kasus properti masih cukup dominan menjadi aduan masyarakat. Dalam 3 tahun terakhir, pengaduan terkait dengan perumahan vertikal atau rumah susun paling banyak.

Selain soal pembangunan, masalah lain yang menjadi keluhan konsumen adalah mengenai transaksi. Konsumen menyerahkan uang kepada pihak lain di luar pengembang dalam pembelian properti.

Agar kamu tidak kena tipu oleh pengembang, ada baiknya kamu memilih pengembang dengan kredibilitas yang baik. Mau tahu apa saja kriteria pengembang tersebut? Berikut daftarnya!

Rekam Jejak Baik

Rekam jejak pengembang sangat penting untuk kamu ketahui. Misalnya, apakah properti yang dikembangkan benar-benar selesai atau tidak. Terlebih lagi, saat ini banyak pengembang kecil yang juga mengembangkan cluster properti yang harus kamu waspadai.

Apalagi saat ini sangat mudah untuk mencari rekam jejak pengembang di internet. Misalnya, kamu bisa mencari informasi melalui media massa atau juga keterbukaan informasi kalau pengembang yang kamu pilih merupakan perusahaan terbuka yang sudah terdaftar di bursa efek.

Perusahaan di bursa efek biasanya lebih aman, pasalnya perusahaan ini memiliki pendanaan yang lebih baik dibandingkan pengembang kecil atau pengembang baru yang tengah bermunculan.

Kamu juga bsia mencari tahu perbankan mana saja yang bekerja sama dengan pengembang tersebut. Pengembang yang sudah bekerja sama dengan perbankan pasti memiliki rekam jejak yang baik, karena itulah pengembang mau terus bekerja sama.

Aspek Legalitas Lengkap

Pastikan kamu tahu bahwa semua aspek legalitas dari rumah yang kamu incar telah aman dan selesai semua. Beberapa pengembang kerap kali menutupi hal-hal seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang belum selesai.

IMB untuk pembangunan sebuah properti sangat penting. Pasalnya, hal itu terkait dengan perizinan dan peruntukan seuatu properti. Kamu tentu tidak ingin tinggal di rumah yang lahannya untuk perkebunan dan malah dijadikan pemukiman.

Aspek legal yang juga sudah selesai semua akan lebih memudahkan kamu dalam melakukan transaksi yang biasanya cenderung ribet dan butuh waktu yang panjang.

Komitmen Pengembang

Pengembang yang berkomitmen biasanya memiliki jadwal yang jelas dalam pembangunan proyek propertinya. Biasanya, baik rumah tapak maupun rumah vertikal alias apartemen butuh waktu hingga 2 tahun hingga serah terima kunci.

Kalaupun ada keterlambatan, pengembang akan memberitakan kenapa terjadi keterlambatan sehingga kepercayaan antara dua pihak tetap terjaga. Selain itu, pengembang yang baik dan berkomitmen bukan hanya membangun hunian yang kamu pesan, namun juga membangun infrastruktur yang dijanjikan. Misalnya, jalan, club house, dan juga fasilitas umum lainnya yang dibutuhkan.

Tidak lupa, pengembang juga memastikan perkara surat-menyurat usai serah terima kunci. Tidak lupa hal penting lainnya, pengembang yang baik juga akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pembiayaan terbaik dari perbankan terpercaya.

Sekarang kamu jangan salah pilih pengembang untuk properti impian kamu. Namun, kalau kamu mau selangkah lebih mudah ke rumah idaman, kamu bisa banget untuk membeli rumah melalui urbanace.com.

Di UrbanAce, transaksi yang kamu lakukan 100% aman karena kami telah terdaftar sebagai perusahaan terbuka dengan sertifikat AREBI. Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu ribet dan menghubungi berbagai orang karena UrbanAce akan memberikan bantuan dengan satu agen terpercaya.

Jadi tunggu apalagi? Beli rumah dan dapat komisi UrbanAce aja!

 

Pilihan Properti Terbaik di Tangerang: 

Paramount Land – Corral @ Malibu Village

Mozart at Symphonia 

Urban Town

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *