Mau Sewa Rumah? Ini yang Harus Diperhatikan!

foto: pexels

Kamu pengantin baru atau ingin mandiri sehingga ingin tinggal terpisah dari keluarga? Mencari rumah baik untuk sewa tentu bukan hal yang mudah.

Banyak sekali hal yang harus diperhatikan dan pertimbangkan, hampir mirip seperti ingin membeli rumah. Kira-kira apa saja sih yang harus diperhitungkan untuk mendapatkan rumah sewa terbaik? Ini daftarnya:

1. Pilihlah Harga Terjangkau Sesuai Kemampuan Finansial
Berbeda dengan mencari rumah untuk dibeli yang harus memperhatikan lokasi sebagai kriteria yang pertama. Namun tidak begitu dengan sewa, harga yang utama.

Pasalnya, rumah sewa biasanya tidak akan kamu gunakan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga sesuaikan dengan dana dan kemampuan finansial.

Kemudian sistem sewa rumah di Indonesia biasanya dibayar per bulan atau per tahun. Hal ini harus diperhatikan, pilihlah cara pembayaran yang tidak memberatkan kamu.

Kalau bisa bayarlah dahulu untuk sebulan pertama dan kalau kamu sudah yakin, baru kamu bisa pertimbangkan untuk membayar setahun penuh yang biasanya mendapatkan diskon dari pemilih rumah.

2. Utama Dekat dengan Aktivitas Rutin
Secara finansial, dana transportasi adalah satu-satunya dana rutin yang bisa ditekan. Oleh karena itu, pilihlah lokasi rumah sewa yang dekat dengan hal rutin yang biasa kamu lakukan.

Misalnya tempat kerja kalau kamu sudah bekerja, atau kampus kalau kamu masih kuliah. Selain bisa menghemat dana, dengan dekat lokasi rutin kamu tentu akan sangat mengefektifkan waktu.

Selain dekat dengan kegiatan rutin, akan sangat nyaman jika rumah yang kamu sewa dekat dengan rumah ibadah dan juga fasilitas publik lainnya.

3. Rumah dalam Kondisi Baik
Rumah dalam kondisi baik dan layak huni sangat penting untuk kamu perhatikan. Misalnya, tidak bocor, tidak ada hama seperti tikus, pintu dan jendela yang kokoh, serta tembok yang tidak mengelupas.

Hal itu wajib kamu perhatikan dengan melakukan survei langsung demi dapat tinggal langsung secara aman dan nyaman serta tidak perlu lagi mengeluarkan dana lebih untuk renovasi.

Kalaupun harus merenovasi, pastikan dana berasal dari pemilik rumah, bukan dari kantong kamu yang hanya tinggal dalam jangka waktu yang pendek.

4. Perjanjian yang Jelas
Meski hanya sewa, jangan sepelekan aspek legal! Mintalah kontrak sewa rumah dan teliti klausul-klausul hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Aspek legal tersebut bisa berisi harga sewa, jangka waktu sewa, penanggung jawab bila terjadi kerusakan, pengembalian uang sewa secara proporsional bila ada masalah dengan rumah antara pemilik rumah sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

Nah sekarang kamu sudah ada gambarankan sebelum memilih rumah sewa! Biasanya rumah sewa akan ditempati dalam waktu yang cukup panjang, karena itu sebisa mungkin sesuai harapan dan ekspetasi kamu.

Apalagi saat ini sudah banyak juga laman ataupun aplikasi yang bisa membantu kamu menemukan rumah sewa. Salah satunya kamu bisa menemukan rumah sewa terbaik di UrbanAce.com.

Di UrbanAce, kamu bisa menemukan beragam rumah sewa terbaik dan akan dibantu dengan agen terbaik kami.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *