Hei Milienials! Ini Desain yang Cocok Supaya Makin Betah Kerja dari Rumah

Contoh interior ruang kerja di dalam rumah. Foto: Pexels

Salah satu ciri milenials adalah mereka suka kerja bebas dan tidak menetap di satu kantor saja. Akibat kaum ini pula co-working space alias ruang kerja bersama makin marak di Indonesia.

Selain itu, makin banyak pula orang yang suka bekerja dari rumah. Karena itu, tentu mendekorasi ruang kerja menjadi tempat yang nyaman sangatlah penting.

Namun, ternyata membuat ruang kerja yang nyaman tidaklah mudah. Apalagi kalau belum ada ruang khusus untuk membuat ruang kerja. Meski begitu, berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk membuat ruang kerja yang nyaman di rumah.

Berikut daftarnya:

1. Perencanaan yang Matang
Rencanakan ruang kerja yang akan dibangun secara matang. Usahakan semua yang ada di sana berguna dan fungsinya sesuai dengan pekerjaan kamu.

Tidak lupa, rancanglah ruang kerja dan semua elemen pendukungnya sesuai kebutuhan dan sirkulasi gerak. Meski kerja dari rumah, pastikan kerja bisa tetap fokus dan semangat.

2. Cerdik dalam Memanfaatkan Ruang
Karena bukan sebuah ruangan yang direncanakan sejak awal, jadi jangan kaget kalau untuk ruang kerja harus memanfaatkan ruang-ruang kecil di rumah, bahkan sudut ruangan.

Meski dengan ruangan terbatas, jika perencanaannya matang tentu akan maksimal dan memanfaatkan ruang yang ada dan luasan ruang bukanlah jadi masalah. Apalagi saat ini banyak barang multifungsi yang bisa dimanfaatkan untuk ruang kantor.

Misalnya, gunakan sudut ruangan dengan meja melayang. Bisa juga dengan menggunakan meja melayang yang di atas sebagai rak buku.

3. Unik dan Sesuaikan Jenis Pekerjaan
Meskipun milenials suka bekerja paruh waktu alias freelance, bukan berarti tidak menekuni bidang terntentu. Pilihlah desain yang unik dan sesuai pekerjaan.

Kalau kamu bekerja di bidang seni kamu tentu akan membuat ruang kerja kamu seunik mungkin dan senyaman mungkin. Berbeda bagi penulis, boleh jadi butuh ruangan dengan banyak udara bebas sehingga peralatan yang dibutuhkan tidak sebanyak pekerja seni.

4. Pencahayaan dan Tanaman Demi Kinerja Mumpuni
Pencahayaan yang baik sangat penting bagi produktivitas kerjamu. Maka dari itu, sebaiknya letakkan meja kerja tidak jauh dari jendela ruangan. Sebab, dengan adanya penerangan yang baik, suasana hati akan menjadi bagus.

Suasana hati yang bagus, akan meningkatkan produktivitas kerja apalagi kalau ditambah pencahayaan yang bagus untuk mata.

Menurut Psychology Today, tanaman juga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat kecemasan, mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, dan meningkatkan kepuasan kerja. Dengan begitu, kalau kamu panikan dan gampang stres saat bekerja, simpan tanaman di ruang kerja kamu demi produktivitas dan juga kesehatan.

5. Warna Cat Dinding dana Lukisan untuk Mengurangi Kebosanan

Bedakan warna cat dinding ruang kerja dari ruangam lain di rumah. Hal ini agar ketika kamu di ruang kerja kamu bisa lebih fokus bekerja dan tidak malah malas-malasan.

Selain itu, tambahkan lukisan atau action figure untuk mengurangi kebosanan dan rasa jenuh saat bekerja.

Kini, kamu bisa mendesain ruang kerjamu di rumah agar makin semangat. Kamu juga sangat mungkin menggunakan jasa desain interior untuk membuat ruang kerja yang nyaman dan tertata.

Kamu bisa memanfaatkan urbanace.com loh! Di urbanace.com kamu bukan hanya bisa membeli, menjual, atau menyewa properti, tetapi juga desain interior.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *