Bagian Rumah yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Seken

Untuk membeli rumah bekas kamu wajib lebih teliti. (foto: Pexels)

Membeli rumah bekas atau seken memang tidak bisa dibilang mudah. Untuk membeli rumah bekas kamu wajib lebih teliti. Apalagi kalau rumah yang mau kamu beli bisa dibilang sudah berumur.

Lalu bagian rumah mana saja yang wajib kamu perhatikan dengan lebih teliti? Ini daftarnya!

Fondasi menjadi bagian paling penting bagi rumah, baik rumah baru apalagi bekas. (foto: Pexels)

1. Fondasi
Fondasi menjadi bagian paling penting bagi rumah, baik rumah baru apalagi bekas. Untuk mudahnya, sebetulnya bawalah tukang yang paham. Namun, sebagai orang awam apa saja sih yang harus kamu perhatikan pada bagian fondasi?

Kelilingi rumah dan perhatikan tembok secara cermat, pastikan tidak ada retakan, sebab retakan menjadi salah satu indikasi ada masalah pada fondasi rumah.

Pastikan penjual atau perantara memberikan usia sebenarnya si rumah dan atap yang akan kamu beli. (foto: Pexels)

2. Atap
Selain fondasi, atap juga menjadi hal yang sangat penting. Pastikan penjual atau perantara memberikan usia sebenarnya si rumah dan atap yang akan kamu beli.

Kalau bisa cek langsung atapnya, kalau tidak bisa kelilingilah rumah, pastikan apakah ada bagian luar rumah yang rusak hilang, berkarat, berlumut, tidak pada tempatnya, atau ada kotoran yang disebabkan aliran air dari atap.

Pasalnya atap yang rusak sangat berdampak serius kepada interior dan eksterior rumah. Apabila ada kerusakan pada fondasi dan atap kamu bisa melakukan negosiasi harga, sebab kedua hal ini sangat krusial bagi rumah.

Pastikan pintu dan jendela bisa dibuka tutup dengan benar. (foto: Pexels)

3. Pintu, Jendela, dan ventilasi
Mungkin sepele, tapi tiga bagian ini sangat penting. Tidak ada salahnya kamu memastikan apakah pintu dan jendela bisa dibuka tutup dengan benar. Selain itu apakah ventilasi masih dalam keadaan prima dan tidak ada retakan.

Ketiga hal ini sangat berpengaruh kepada keamaan dan kenyamanan. Kamu tentu tidak ingin kemalingan akibat pintu dan jendela yang rusak. Atau rumah yang penuh nyamuk karena ventilasi yang rusak.

Untungnya, untuk bagian ini kalaupun rusak tidak semahal atau ataupun fondasi sehingga kamu bisa meminta pemilik rumah untuk membenarkannya terlebih dahulu.

Peralatan terkait air ini bukan hanya terjadi di dapur atau kamar mandi, (foto: Pexels)

4. Peralatan terkait air
Peralatan terkait air ini bukan hanya terjadi di dapur atau kamar mandi loh! Sebab bagian dinding yang terkena noda di air bisa jadi terjadi karena ada masalah di atap.

Barulah cek wastafel , baik yang di dapur maupun kamar mandi. Tes juga semua keran dan shower bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada gudang, garasi, atau ruang penyimpanan, perhatikan pula apakah ada pompa air yang pernah mengalami kebanjiran.

Pastikan juga apakah daerah rumah kamu rawan banjir atau tidak. Kamu bisa mencari tahu melalui data di internet ataupun ngobrol dengan warga sekitar. Apabila rumah itu sering banjir berarti sangat berkaitan dengan sirkulasi dan juga sanitasi di rumah yang hendak kamu beli.

Pastikan kabel yang terbaik untuk mengurangi risiko korslet. (foto: Pexels)

5. Masalah kelistrikan
Jenis kabel listrik apa yang digunakan sangat penting karena berpengaruh terhadap ketahanan. Kamu tentu tidak ingin terjadi konslet karena kabel listrik yang rusak bukan.

Selain itu pastikan jumlah daya yang tersedia sesuai kebutuhan kamu. Kamu tentu tidak ingin peralatan yang berbau listrik cepat rusak bukan?

Nah sekarang kamu sudah tahukan komponen apa saja yang wajib kamu perhatikan dengan lebih teliti? Jangan lupa dipraktikan ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *