4 Tips Mengumpulkan Uang untuk DP Rumah Idaman

Mengumpulkan DP kerap menjadi masalah utama untuk memiliki rumah. (foto: pexels)

Salah satu permasalahan yang kerap muncul ketika kita hendak membeli sebuah rumah adalah kemampuan untuk membayar uang muka atau down payment (DP). Jumlah  DP yang dibayarkan ke pihak perbankan nantinya akan berpengaruh pada cicilan setiap bulannya. Biasanya, perbankan mengharuskan calon konsumen untuk membayar DP sebesar 15% dari harga rumah. Sebagai contoh, jika harga rumah tersebut Rp100 juta maka DP yang harus kamu bayarkan mencapai Rp15 juta.

Namun, untuk saat ini Bank Indonesia (BI) telah menerapkan aturan pembebasan pemberian loan to value atau LTV. Dengan demikian, perbankan bisa menerapkan DP 0% kepada calon konsumen KPR-nya. Meski begitu, kamu tetap harus menyiapkan sejumlah uang untuk pembayaran DP rumah yang kamu inginkan. Pasalnya, saat ini sulit mencari rumah dengan harga Rp100 jutaan karena minimal harga rumah sekarang dengan lokasi yang menguntungkan adalah Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

Jika begitu adanya, dengan aturan DP 10% atau 15% maka paling tidak kamu harus menyiapkan uang muka setidaknya Rp150 juta sampai Rp250 juta sebagai pembayaran DP rumah yang kamu inginkan. Berikut ini beberapa tips mengumpulkan uang untuk pembayaran DP rumah idaman yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Prioritaskan pengeluaran! (foto: pexels)

1. Perketat jumlah pengeluaran
Semakin mahal rumah yang ingin kamu beli, maka semakin besar pula DP yang harus kamu bayarkan. Itu adalah konsekuensi yang mau tak mau harus kamu terima.

Meski begitu, kamu tidak perlu berkecil hati karena kamu cukup memperketat jumlah pengeluaran kamu. Caranya, prioritaskan saja pengeluaranmu ke segala kebutuhan pokok dan tabungan untuk mencapai nominal DP yang telah disepakati dengan pihak perbankan.

Pemotongan segala biaya pengeluaran harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu dan tetap dengan mempertimbangkan periode waktu sebelum akhirnya kamu harus membayar DP rumah.

Menabung merupakan hal mutlak. (foto: pexels)

2. Menabung
Menabung merupakan hal mutlak yang mesti kamu lakukan jika ingin mengumpulkan uang untuk pembayaran DP rumah idaman. Kebiasaan menabung ini pun harus kamu lakukan dengan strategi dan kedisiplinan agar uang tersebut bisa kamu ambil tepat pada waktunya.

Kamu pun bisa memanfaatkan fitur-fitur tabungan atau deposito yang otomatis menarik uang dalam rekening kamu ketika masa gajian tiba. Dengan begitu, kamu dapat menabung sebelum uang itu kamu gunakan untuk memenuhi keinginan hedonis kamu atau kebutuhan harian lainnya.

Ada baiknya kamu menyisihkan 10% hingga 20% dari pendapatanmu untuk tabungan DP rumah. Namun, jika ingin cepat terkumpul, kamu bisa menyisihkannya sebanyak 30%.

Wajib menahan hasrat untuk tidak mengambil pinjaman. (foto: pexels)

3. Hindari pinjaman tidak penting
Selain harus memperketat pengeluaran dan menabung, kamu juga harus menahan hasrat untuk tidak mengambil pinjaman, terutama pinjaman dengan pihak ketiga.

Biasanya, pinjaman atau membeli sesuatu dengan sistem kredit dilakukan untuk memenuhi hasrat konsumtif kamu. Oleh karenanya, kamu perlu menekan itu sekuat mungkin agar kamu bisa memiliki uang untuk pembayaran DP rumah tepat waktu.

Sisihkan sebagian dana yang ada untuk investasi. (foto: pexels)

4. Lakukan investasi
Selain menabung, kamu bisa mendapatkan uang dengan cara investasi. Uang yang kamu miliki bisa kamu alihkan ke beberapa jenis investasi seperti deposito atau membeli logam mulia seperti emas.

Dua alternatif investasi ini bisa memberikan timbal balik yang cukup besar untuk kamu. Pasalnya, keduanya memiliki bunga dan selisih harga jual sekarang dan masa mendatang yang cukup besar.

Oleh karenanya, investasi tersebut mampu mengamankan nilai uang kamu sehingga ke depannya kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan uang untuk DP rumah. (Ridwan Aji Pitoko)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *