3 Tips Agar Rumah Tetap Rapi Meskipun Ada Anak Kecil

Beberapa hal bisa diaplikasikan agar si kecil bisa bermain tanpa membuat rumah menjadi kapal pecah. (foto: Pexels)

Memiliki anak kecil atau balita di rumah kerap membuat kondisi rumah berantakan. Tak heran jika ada anggapan yang menyebutkan bahwa memiliki balita dan rumah rapi adalah sebuah hal yang mustahil terjadi.

Rumah rapi seolah menjadi impian ketika di dalamnya ada balita yang kerap membuat mainan berserakan di mana-mana. Semua ruangan di dalam rumah pun tak luput dari serangan balita dan membuat barang-barang di dalamnya berpindah dan bahkan tidak pada tempatnya.

Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat kondisi di dalam rumah tetap rapi meskipun ada anak kecil atau balita.

Aagar tidak mengacak-acak isi rumah maka kamu sebaiknya memberikan tempat khusus bermain di dalamnya. (foto: pexels)

1.Sediakan tempat khusus bermain anak

Orang tua pada dasarnya tidak bisa melarang anaknya bermain di dalam rumah karena bermain merupakan sarana belajar dan bagian dari ekplorasi diri mereka.

Untuk itu, agar tidak mengacak-acak isi rumah maka kamu sebaiknya memberikan tempat khusus bermain di dalamnya.

Dengan memberikan area khusus bermain, maka anak akan tahu batasan di mana mereka boleh dan tidaknya bermain. Selain itu, anak juga bisa mendapatkan pelajaran untuk tidak membuat ruangan lain di dalam rumah menjadi berantakan.

Berkan penjelasan bukan ancaman! (foto: Pexels)

2.Berikan penjelasan kepada anak

Anak harus diberikan penjelasan mengenai di mana mereka boleh untuk bermain dan berikan juga penjelasan untuk tidak membuat mainannya berceceran di mana-mana.

Kamu juga bisa mengatakan kepada sang anak agar bahwa barang-barang seperti hiasan meja, pot, dan barang-barang lainnya bukanlah mainan sehingga tidak boleh dimainkan.

Pastikan tidak ada barang yang tidak berguna di dalam rumah. (foto: Pexels)

3.Sortir barang sesuai kebutuhan

Selain memberikan penjelasan ke anak, kamu juga mesti menyortir barang-barang di dalam rumah. Pastikan tidak ada barang yang tidak berguna di dalam rumah. Jika ada barang sudah tidak berguna atau rusak kamu bisa letakkan di dalam gudang.

Semakin sedikit barang di dalam rumah, maka semakin mudah kamu dalam membersihkannya.

Itu dia 3 trik yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumah kamu rapi walaupun ada anak kecil. Selamat mencoba!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *