Mencari Lokasi Rumah Second Terbaik di Kawasan Penyangga Jakarta

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memang punya daya tarik yang tidak bisa ditolak bagi para pencari rumah. Bukan hanya sekadar dekat dengan tempat bekerja, Jakarta memiliki fasilitas publik yang lengkap.

Sayangnya, harga rumah di Jakarta sudah sangat tidak masuk akal apalagi untuk pasangan muda yang pada umumnya membeli rumah secara kredit. Karena hal itulah rumah di penyangga Jakarta atau kota-kota satelit mulai dilirik.

Sementara itu, kalau membeli rumah baru dengan harga terjangkau pasangan baru ini harus membeli rumah ke daerah yang lebih jauh lagi seperti Parung Panjang atau bahkan Maja. Oleh sebab itu, mencari rumah bekas (second) bisa menjadi pilihan.

Selain karena lokasi yang tidak terlalu jauh, harganya juga relatif terjangkau, ditambah lagi dengan fasilitas yang sudah relatif lengkap, dan lingkungan yang sudah terbangun. Apakah kamu termasuk yang tengah mencari rumah bekas? Berikut beberapa daerah yang bisa kamu pertimbangkan:

Bintaro X-Change Mall menjadi pusat perbelanjaan terfavorit di Bintaro saat ini (foto: istimewa)

1. Bintaro
Wilayah Bintaro terbagi dua, sebagian masuk wilayah kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan sisanya Jakarta Selatan (Jaksel). Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Tangsel naik terus setiap tahunnya, bahkan pada 2015 kenaikan NJOP Tangsel naik hingga 29%. Oleh sebab itu, selain untuk ditinggali daerah Bintaro sangat cocok untuk investasi.

Rumah second di Bintaro dimulai dari harga Rp600 jutaan.

Depok menjadi salah satu daerah penyangga terfavorit (foto: istimewa)

2. Depok
Depok memang terkenal sebagai kota pilihan bagi masyarakat yang tidak mampu membeli rumah di Jakarta, karena lokasinya yang sangat dekat dengan kawasan Jaksel. Seperti kota satelit pada umumnya, Depok juga memiliki infrastruktur yang jadi unggulan untuk menuju Jakarta yaitu kereta commuterline.

Tidak hanya itu, infrastruktur Depok akan ditambah dengan tol Depok-Antasari yang akan membuat kota ini makin digemari. Depok juga terkenal karena adanya universitas terkemuka di kawasan tersebut. Kalau kamu beruntung, kamu masih bisa menemukan rumah bekas seharga Rp350 jutaan di daerah Depok yang terkenal dengan jalan Margonda, yang penuh dengan kuliner menggoda. Rumah tapak di Depok juga sudah mulai dicari, saat ini apartemen tengah menjamur di kawasan Depok.

Berbatasan dengan tiga daerah lain, Cibubur menjadi pilihan yang tidak bisa ditolak (foto: istimewa)

3. Cibubur
Cibubur juga menjadi salah satu kawasan favorit para pencari rumah second, paling digemari sesudah Bintaro dan Depok. Pasalnya kawasan ini berbatasan dengan tiga kota lain, yaitu Bogor, Depok, dan Jakarta.

Selain harga yang masih relatif terjangkau, Cibubur juga menawarkan daerah yang asri dan udara sejuk. Ditambah lagi, ke depan Cibubur juga akan memiliki transportasi massal kereta ringan atau lebih dikenal Light Rail Transit (LRT). Adapun untuk jalan tol, selain Tol Jakarta-Bogor-Ciawi Jagorawi, Cibubur juga akan memiliki akses tol baru yaitu Cimanggis-Cibitung yang nantinya diharapkan akan membuka jalur baru bagi masyarakat yang akan datang dan pergi di kawasan Cibubur.

Harga rumah second di Cibubur dibanderol mulai dari harga Rp450 jutaan.

Asri, sejuk, dan bebas banjir menjadi alasan Bogor menjadi daerah menarik untuk ditinggali (foto: istimewa)

4. Bogor
Meski terasa lebih jauh dari daerah-daerah sebelumnya, namun Bogor juga menjadi alternatif kota satelit bagi pekerja di Jakarta. Selain itu, harga rumah di Bogor juga belum terlalu tinggi namun telah didukung dengan tata kota serta drainase yang terencana dan infrastruktur yang baik.

Lingkungan yang asri, sejuk, dan bebas banjir, serta dekat dengan daerah wisata juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Bogor. Kamu bisa menemukan rumah bekas di Bogor dimulai dari Rp350 jutaan.

BSD City menjadi salah satu faktor Serpong menjadi kawasan paling favorit untuk ditinggali (foto: istimewa)

5. Serpong
Serpong menjadi kawasan terfavorit dalam mencari rumah baik baru maupun bekas. Pasalnya lokasi ini terkerek dengan banyaknya pengembang terkenal seperti BSD, Alam Sutera, Summarecon Serpong, dan Paramount Land. Selain infrastruktur yang lengkap, mall, kampus, dan berbagai fasilitas kawasan Serpong sangat menjanjikan.

Harga di kawasan ini memang lebih mahal dibandingkan lokasi lain yang sudah disebutkan. Namun, tentu sangat pantas dengan segala kelengkapannya. Untuk rumah second di kawasan Serpong dimulai dari Rp500 jutaan.

Kalau kamu tertarik mencari rumah bekas, kamu bisa mencari di UrbanAce baik di laman resmi maupun aplikasi. Di UrbanAce, kamu bisa membeli rumah dan dapat komisi sekaligus.

Jadi daerah mana nih yang paling cocok untuk kamu? (Teti Purwanti )

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *