5 Tips Agar KPR Cepat Disetujui Bank

Setiap orang pasti memiliki impian untuk dapat memiliki hunian sendiri, baik rumah maupun apartemen. Namun, seringkali mereka terbentur dengan terbatasnya dana yang dimiliki.

Oleh sebab itu, kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen (KPA) menjadi solusi bagi mereka untuk bisa memiliki hunian sendiri. Di sisi lain, pengajuan KPR atau KPA bukannya dapat dilakukan dengan mudah begitu saja sebab pihak bank menerapkan aturan cukup ketat bagi orang yang ingin mengajukan KPR atau KPA tersebut.

Sebagian orang bahkan mungkin pernah mendapatkan penolakan beberapa kali dari pihak bank ketika mengajukan KPR. Ketatnya seleksi yang dilakukan bank tak terlepas dari dana besar yang dilibatkan dalam proses KPR atau KPA itu sendiri.

Jika demikian adanya, maka persiapan sebelum mengajukan KPR atau KPA ke bank harus dilakukan sebaik mungkin agar risiko ditolak oleh bank menjadi semakin kecil. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar KPR atau KPA kamu disetujui oleh bank.

 

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya (foto: pexels)

1. Kumpulkan informasi awal dan pahami dengan baik

Kamu pasti pernah membaca atau mendengarkan pepatah yang mengatakan bahwa segala hal yang dilakukan secara terburu-buru tidak baik bukan? Hal ini pun turut berlaku saat kamu ingin mengajukan KPR atau KPA ke bank. Agar tidak berujung pada kegagalan persiapan yang matang sangatlah penting.

Hal yang bisa kamu lakukan antara lain, mengumpulkan banyak informasi awal tentang layanan KPR atau KPA . Dengan begitu, kamu bakal memiliki pemahaman yang luas tentang seluk beluk pengajuan KPR atau KPA di bank yang kamu mau. Caranya pun bisa dibilang mudah mengingat informasi tersebut kini sudah tersebar di internet secara online.

Melalui internet, berbagai informasi tentang KPR atau KPA bisa kamu temukan di situs-situs keuangan. Bahkan, kamu bisa mengajukan pertanyaan tentang seluk beluk KPR atau KPA. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh informasi lainnya seperti pengajuan, besaran bunga, cicilan, atau bahkan penalti yang akan dikenakan jika ada keterlambatan pembayaran cicilan KPR.

Karena bank sangat banyak, kamu punya keleluasaan untuk mencari yang terbaik (foto: pexels)

2. Lakukan perbandingan antar-bank

Jika kamu sudah mendapatkan informasi tentang seluk beluk pengajuan KPR, ada baiknya kamu mulai melakukan perbandingan antara satu bank dengan bank lain. Hal itu perlu dilakukan mengingat setiap bank memiliki aturan dan kebijakan berbeda tentang sistem KPR atau KPA sehingga berbeda juga dalam hal pemberian layanan.

Kamu sebaiknya sudah memiliki dua atau tiga pilihan bank untuk dibandingkan satu sama lain. Melalui cara ini, jika kamu mendapatkan penolakan di bank pertama, maka kamu langsung bisa mengajukan KPR ke bank kedua dan ketiga.

Berpenampilan menarik agar bank yakin dengan kamu (foto: pexels)

3. Berpenampilan meyakinkan saat datang ke bank

Penampilan yang baik dan meyakinkan harus kamu tampilkan ketika datang ke bank. Dengan penampilan tersebut, kamu tidak akan dipandang sebelah mata oleh pegawai bank. Penampilan yang meyakinkan dan pengetahuan memadai soal KPR memungkinkan kamu untuk mendapatkan persetujuan KPR dari bank.

Mulailah berbicara dengan penuh keyakinan dan tanyakan secara detil mengenai berbagai hal yang kamu anggap penting seperti jumlah dana KPR atau KPA yang bisa didapatkan, jumlah uang muka yang harus dibayar, besaran bunga, masa tenor, dan atau keuntungan lainnya yang bisa kamu peroleh dengan mengajukan KPR di bank tersebut.

Hal ini mungkin bukanlah penentu yang utama, tetapi dengan cara itu kamu bisa menunjukkan pada bank bahwa pengajuan KPR kamu layak disetujui.

KPR menjadi solusi bagi kamu yang kekurangan dana (foto: UrbanAce)

4. Pilih bank dengan layanan terbaik

Langkah ini wajib Anda lakukan meskipun pengajuan KPR atau KPA cenderung sulit disetujui. Memilih bank dengan layanan terbaik akan menjadi investasi bagi Anda tersendiri karena KPR merupakan jenis kredit jangka panjang yang akan jadi kewajiban Anda.

Hitung secara rinci kemampuan finansial kamu sebelum mengajukan KPR/KPA (foto: pexels)

5. Lakukan perhitungan awal dan sesuaikan keuangan

Perhitungan terhadap KPR atau KPA yang kamu ajukan menjadi salah satu hal yang penting kamu lakukan. Pasalnya, jumlah uang yang dilibatkan di dalamnya cenderung besar. Oleh karenanya, Anda bisa memantu bantuan dari staf bank agar bisa memberikan gambaran dan perhitungan yang jelas dari KPR atau KPA yang Anda akan ajukan.

Dengan begitu, maka Anda akan tahu seberapa besar kapasitas Anda dalam membayar cicilan dan juga uang muka. Tak perlu besar-besar, Anda cukup menyesuaikannya dengan kondisi keuangan Anda agar ketika KPR atau KPA itu disetujui Anda tidak akan kesulitan membayar cicilan per bulannya.

Selain meminta bantuan staf bank, perhitungan tersebut juga bisa Anda lakukan di aplikasi UrbanAce pada fitur Kalkulator KPR. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan simulasi pembayaran KPR atau KPA sebelum disetujui oleh bank. Aplikasi UrbanAce sendiri sudah bisa Anda unduh di Google Play Store dan Apple Store.(Ridwan Aji Pitoko)

Properti Terbaik Untuk Kamu: 

Citra Raya 

Angel Residence

Citra Living 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *